Program Kemitraan

Program Kemitraan

Dalam rangka menopang pemberdayaan sektor UMKM, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) juga meningkatkan kemampuan usaha pelaku UMKM melalui program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL).

Penyaluran dana Program Kemitraan dapat dilakukan dengan pola pembiayaan konvensional maupun syariah. Dana Program Kemitraan ini dimaksudkan sebagai modal kerja maupun investasi atau pembelian aktiva dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi dan penjualan.

Dana kemitraan PNM disalurkan kepada mitra binaan, baik yang berbadan hukum maupun yang bersifat individual atau kelompok, termasuk di dalamnya lembaga keuangan mikro dan koperasi. Penerima manfaat dana kemitraan diprioritaskan bagi mitra binaan yang belum memenuhi persyaratan perbankan (non-bankable) dan memiliki usaha prospektif yang sudah berjalan minimal 1 tahun.

Selain menjalankan PKBL internal perusahaan, PNM juga telah mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan Program Kemitraan dari perusahaan lain seperti PT Garuda Indonesia Tbk, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Hutama Karya dan lainnya.

Selain itu, PNM juga telah berhasil menyelenggarakan kerja sama pengelolaan trust fund dari Bank Pembangunan Asia (ADB), Bank Dunia, GIZ (Deustche Gesellschaft Fur Internationale Zusammenarbeit) maupun dari perusahaan-perusahaan multinasional seperti Chevron, Newmont dan lainnya.

Keberhasilan dalam pemberdayaan sektor UMKM itu membuat PNM mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menjalankan pengelolaan dana Program Kemitraan yang dialihkan dari BUMN lain.

Sedangkan Aktivitas Jasa Manajemen berbentuk Kemitraan merupakan sinergi PNM dengan BUMN lain, Pemerintah Daerah, Departemen, swasta, multinational company, NGO dan lembaga lainnya dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan UMKMK