Publikasi

PNM Tegal Gelar Pelatihan Nasabah dan Bina Lingkungan

04 December 2015 729 views


Tegal, 4 Desember 2015,Lembaga keuangan non-bank milik negara yang dikhususkan bagi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMK), PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau yang lebih dikenal sebagai PNM memiliki komitmen penuh untuk terus membantu peningkatan pelaku UMK. Salah satu program PNM untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melaksanakan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) di wilayah Tegal yang diperuntukan untuk seluruh nasabah PNM.

Pemimpin PNM Cabang Tegal, Annifah Zarhusnah menjelaskan program PKU yang diselenggarakan selama satu hari ini dihadiri oleh .... nasabah binaan PNM cabang Tegal dengan tema acara “Motivasi Etos Kerja Berbasis Spiritual Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Tahun 2016”. Tujuan PNM cabang Tegal mengadakan pelatihan adalah untuk memberi motivasi kepada kalangan pelaku UMK

Program PKU yang diselenggarakan selama satu hari ini akan dihadiri oleh 150 nasabah binaan PNM cabang Pacitan dengan tema acara “Strategi Pemasaran untuk UKM dan Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses & Mulia”. Tujuan PNM mengadakan program PKU ini adalah untuk memberi dorongan motivasi untuk kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMK) agar dapat terus meningkatkan jaringan pemasarannya.

Pelatihan ini merupakan implementasi dari program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang rutin dilaksanakan oleh PNM selama ini. “Minimnya pengetahuan akan pentingnya pemasaran pada sebuah produk menjadi gagasan utama kami untuk menyelenggarakan pelatihan ini,” ujar Bambang.

            Arief Mulyadi selaku Executive Vice President I PT PNM (Persero) mengatakan, bahwa program pendampingan usaha atau capacity building ini menjadi keunggulan PNM di industri pembiayaan mikro. Hal ini disebabkan selaku BUMN yang fokus pada pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), PNM tidak hanya memberikan pembiayaan, melainkan juga pendampingan usaha.

            Tambah  Arief “Para pelaku UMKM di Pacitan perlu mendapatkan dukungan yang bersifat pengetahuan agar dapat lebih tau cara untuk mengembangkan dan memasarkan usahanya sehingga bisa bersaing tidak hanya dengan pasar lokal tetapi juga hingga pasar nasional dan regional. Kami pun memberikan rahasia-rahasia sukses yang terbukti berhasil bagi 273 ribu nasabah binaan PNM.

Program capacity building melalui PKU yang dihadiri nasabah dengan produk berupa olahan hasil laut, pertanian, perkebunan, batu bata dan genteng tersebut mendapat dukungan dari Pemimpin Cabang Solo, Haryono yang juga merupakan Pemimpin Cabang Koordinator untuk Cabang Pacitan.

Sebagai catatan tambahan, Bambang menyampaikan kinerja pembiayaan cabang Pacitan. Hingga akhir Agustus 2015 cabang Pacitan berhasil mencatatkan total penyaluran selama 2015 sebesar Rp 35,6 Miliar, dengan pencapaian outstanding pembiayaan sebesar Rp 67,6 miliar atau meningkat 11,39% dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 59,9 miliar. Jumlah nasabah penerima manfaat pun meningkat sebesar 14,39% dari 1.172 nasabah pada Agustus 2014 bertambah menjadi 1.395 nasabah pada Agustus 2015.

***

 

Tentang PNM

 

PT.Permodalan Nasional Madani (Persero), sebuah Lembaga Keuangan Khusus yang sahamnya 100% milik Pemerintah. Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar.

 

Dengan dukungan Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, PNM dikelola dengan prinsip-prinsip profesionalisme, transparansi, dan good corporate governance siap melangkah memasuki era Indonesia Baru, menuju masyarakat Madani yang dicita-citakan.

 

Download PNMagz