Publikasi

Bersama PNM Hadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN

05 December 2015 475 views


Jambi, 5 Desember 2015 – Bukti komitmen PT Permodalan Nasional Madani (Persero) dalam mengembangkan kapasitas usaha para pelaku UMK di Indonesia yaitu dengan menggelar secara rutin program pelatihan dan motivasi bagi pelaku UMK. Kali ini giliran PNM Cabang Jambi menggelar pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) bagi .... nasabah binaannya.

Tak lengkap sebuah acara PKU tanpa mengundang seorang pembicara yang telah memiliki pengalaman dalam berbisnis di daerah Jambi, Berlian Santosa. Dalam pelatihan yang sudah dilaksanakan ketiga kalinya ini, PNM  memfasilitasi secara langsung pelaku UMK nasabah binaan dengan wirausahawan yang sudah berhasil untuk berbagi kiat dan pengalaman usahanya.

Executive Vice President PNM Arief Mulyadi, menjelaskan, pada pelatihan tersebut pula nasabah akan dibimbing dan diberi pelatihan serta motivasi dalam menghadapi tantangan bisnis dengan mengusung tema “Upaya dan Peran Pelaku Usaha Mikro dalam rangka Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”. “Diharapkan dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin ketat kedepannya UMK kita dapat mengatasi hambatan tersebut hingga terus maju dan masyarakat madani yang sejahtera dan mandiri akan terwujud,” jelasnya.

“Pengusaha mikro dan kecil merupakan tulang punggung ekonomi nasional, PNM senantiasa berupaya untuk membantu mereka guna meningkatkan kapasitas usaha bisnisnya dengan melakukan pendampingan usaha. Langkah konkret yang akan diambil perusahaan selanjutnya akan direalisasikan melalui serangkaian program, meliputi pengembangan dan pemasaran produk UMK, peningkatan akses antara pelaku usaha, hingga peningkatan iklim usaha yang kondusif,” jelasnya.

Pemimpin PNM Cabang Jambi, Anang Fatkur Rochman mengatakan bahwa konsep  pendampingan dan pelatihan hari ini seperti ini sangat diperlukan bagi pelaku UMK, karena dengan adanya sarana tersebut dapat menjembatani para pelaku UMK untuk bertukar pikiran serta meluaskan jaringan antar pelaku UMK. Menyambut MEA di tahun 2016 nanti, kegiatan seperti ini akan lebih digiatkan sejalan dengan semangat perseroan untuk memajukan ekonomi kerakyatan.

Materi pelatihan juga dirancang untuk meningkatkan motivasi para nasabah dalam menjalankan usahanya dengan berani bermimpi, mencoba, berani gagal dan berani berhasil. “Dukungan moril seperti ini amat dibutukan oleh para pelaku UMK terutama dengan akan datangnya MEA, maka pelaku UMK diharapkan dapat bersaing dan menghasilkan produk kelas internasional.” Terang Anang.

Disampaikan pula pencapaian positif yang berhasil dicapai oleh cabang Jambi hingga akhir November 2015. Tercatat total pembiayaan outstanding mencapai Rp ....  dengan total nasabah sebanyak ......  nasabah. Sebaran jaringan layanan unit ULaMM di Wilayah Jambi berada pada Pasar Talang Banjar, Sipin, Muara Bulian, Sungai Bahar, Sengeti dan sungai Gelam.

 

***

Tentang PNM

 

PT.Permodalan Nasional Madani (Persero), sebuah Lembaga Keuangan Khusus yang sahamnya 100% milik Pemerintah. Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar.

 

Dengan dukungan Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, PNM dikelola dengan prinsip-prinsip profesionalisme, transparansi, dan good corporate governance siap melangkah memasuki era Indonesia Baru, menuju masyarakat Madani yang dicita-citakan.