Publikasi

PNM Kembangkan Sinergi Antar UMK di Cirebon

08 December 2015 381 views


Cirebon, 8 Desember 2015 - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapat tugas membantu pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) secara aktif melaksanakan amanah tersebut. Melalui cabang Cirebon, PNM melaksanakan pendampingan dalam pengembangan usaha pelaku UMK nasabah binaannya.

Setelah sukses menggelar beberapa pelatihan kepada nasabah dalam tahun 2015 ini, sebagai tindak lanjutnya, PNM Cirebon menggelar kegiatan Sosialisasi Program Kelompok Teritorial. Program ini memiliki tujuan agar nasabah – nasabah binaan dapat bersama-sama mengembangkan usaha dan melakukan sinergi agar nantinya kesejahteraan nasabah pun dapat meningkat secara bersamaan.

Acara yang digelar di Batiqa Hotel, Cirebon ini dihadiri oleh sekitar 100 orang nasabah binaan cabang Cirebon yang nantinya akan dibentuk kelompok berdasarkan kedekatan area usaha. Arief Mulyadi, Executive Vice President I PNM, menjelaskan, tujuan diadakannya pengelompokan berdasarkan area ini tentunya tak lepas dari bimbingan dan arahan PNM untuk kelompok tersebut. “Pelaku UMK di kota Cirebon amat beragam dengan jumlah yang sangat banyak, kami bermaksud dari keragaman jenis usaha ini pun tidak menjadi sebuah halangan bagi pelaku UMK untuk dapat menciptakan sinergi dalam berusaha”, ungkap Arief.

Arief menambahkan, bahwa hambatan bagi pelaku UMK untuk mengembangkan usaha ada di persoalan pemasaran. Para pelaku UMK yang telah dikelompokkan ini diwajibkan melaksanakan pertemuan satu kali dalam sebulan untuk bersama-sama memecahkan masalah yang dihadapi. “Disinilah PNM hadir sebagai capacity building untuk bersama-sama dengan nasabah memecahkan solusi-solusi demi kesiapan menghadapi tantangan UMK di Indonesia ini,” ujar Arief.

Pemimpin PNM Cabang Cirebon, Budi Santosa, mengatakan bahwa kontribusi nasabah ULaMM di kota Cirebon telah mengalami peningkatan yang baik, dan potensi calon nasabah cukup besar. Pengelompokkan seperti ini secara langsung akan mempengaruhi geliat perkembangan UMK di Cirebon. Agar bisa menjadi penggerak perekonomian provinsi maka UMK ini harus kita bina terus agar berdaya saing, berkembang serta siap menghadapi pasar global yang telah di depan mata.

 “Para pelaku usaha mikro kecil (UMK) perlu didorong untuk menjadi wirausahawan (entrepreneur) yang mampu bersaing di pasar. Untuk itu, mereka butuh semangat dan karakter untuk pantang menyerah dan selalu mempunyai motivasi untuk terus maju dalam mengembangkan usahanya,” tuturnya.

Sebagai tambahan informasi, PNM Cabang Cirebon saat ini membawahi 10 kantor unit ULaMM dengan sebaran jaringan di wilayah .... ,.... ,,...... ,......., ....... Disampaikan pula kinerja pembiayaan PNM cabang Cirebon hingga November 2015 berhasil mencatatkan total outstanding pembiayaan sebesar Rp 140,8 miliar dengan total nasabah penerima manfaat pembiayaan sebanyak 2.422 nasabah.

***

Tentang PNM

 

PT.Permodalan Nasional Madani (Persero), sebuah Lembaga Keuangan Khusus yang sahamnya 100% milik Pemerintah. Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar.

 

Dengan dukungan Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, PNM dikelola dengan prinsip-prinsip profesionalisme, transparansi, dan good corporate governance siap melangkah memasuki era Indonesia Baru, menuju masyarakat Madani yang dicita-citakan.