Publikasi

Eksistensi ULaMM PNM di Sukabumi

11 December 2015 1199 views


Sukabumi, 12 November 2015, – Usaha mikro kecil (UMK) semakin menggeliat di Jawa barat, hal ini ditopang berkembangnya prospek bisnis industri mikro kecil yang kian menjanjikan seiring besarnya sumber daya alam di Bumi Priangan. Untuk menjawab tingginya kebutuhan pembiayaan sektor UMKM dan untuk semakin mendekatkan diri dengan nasabah UMK, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) sebagai lembaga keuangan non-bank milik pemerintah meresmikan wilayah cakupan bisnis UlaMM PNM di Sukabumi guna melayani pelaku UMK yang tersebar di Kabupaten Sukabumi, Cianjur dan Purwakarta dan di sekitarnya.

Pada acara peresmian ini, turut dihadiri Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Heri Gunawan, dan Walikota Sukabumi H. Mohamad Muraz. Selain peresmian cabang, ULaMM PNM juga menampilkan produk-produk unggulan nasabah binaan serta pelaksanaan Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Direktur Utama PNM, Parman Nataatmadja mengatakan “PT PNM (Persero) memiliki perhatian khusus ke wilayah Jawa Barat, dikarenakan tingginya aktivitas ekonomi terutama perkembangan di sektor UMKM. Sehingga, PNM berinisiatif dan berkewajiban untuk hadir dan siap melakukan ekspansi bisnis pengembangan UMKM ke depan” ungkapnya di sela acara peresmian kantor PNM Cabang Sukabumi, Kamis (12/10).

“Hal ini menunjukkan sebuah prospek pertumbuhan yang tinggi dan potensi pengembangan sektor usaha mikro yang masih sangat besar. Karena itu, dalam satu tahun kedepan PNM berencana akan membuka sekitar 300 kantor unit baru di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.” Ujar Parman.

Disela waktu memberikan kata sambutan, Walikota Sukabumi, Mohamad Muraz mengharapkan dengan adanya ULaMM PNM di wilayah Jawa Barat khususnya di Sukabumi, dapat membuka banyak kesempatan pelaku UMK untuk mengembangkan potensi usahanya agar lebih baik. “Sepenuhnya, kami pemerintah daerah sangat mendukung dengan apa yang telah dilakukan oleh ULaMM PNM dalam mewujudkan masyarakat Jawa Barat khususnya Sukabumi dan dengan adanya kantor cabang PNM Sukabumi, mari bersama kita mengembangkan potensi UMKM di wilayah Sukabumi” tambahnya.

Hingga saat ini, PNM cabang Sukabumi memiliki 11 jaringan unit ULaMM, yaitu di wilayah Cicurug, Palengseran, Cisaat, Cibadak, Pasar Pelita, Warungkondang, Cipanas, Sadewata, Ciaklong, Ciranjang, dan Plered. Langkah ekspansi di Sukabumi ini merupakan bagian dari rencana PNM yang akan menambah kantor layanan baru hingga tahun 2017. Rencana ini guna untuk memperkuat penetrasi jaringan layanan PNM di seluruh Indonesia sehingga PNM akan mempunyai jaringan kantor layanan hingga 1.200 di tahun yang sama.

 

Khusus Kantor PNM Cabang Sukabumi sendiri, telah berhasil menyalurkan pembiayaan kepada UMK sebesar Rp 130 miliar kepada +/- 2.500 pelaku UMK nasabah ULaMM PNM.

Executive Vice President PNM, Arief Mulyadi mengatakan “Saat ini, PNM memiliki jaringan sebanyak 595 kantor Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) sejak 2009 hingga 2015 yang melayani para pelaku UMK hingga 2.973 kecamatan. Khusus untuk Wilayah Jawa Barat PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Selain memberikan jasa pembiayaan, tambah Arief, “PNM juga melakukan jasa pelatihan usaha atau capacity building kepada para pelaku UMK melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) sepanjang 2015 (Januari – September) telah berhasil melaksanakan total pelatihan bagi UMK sebanyak 179 kali pelatihan yang melibatkan 12.456 pelaku Usaha Mikro dan Kecil nasabah ULaMM PNM.

***

 

Tentang PNM

 

PT.Permodalan Nasional Madani (Persero), sebuah Lembaga Keuangan Khusus yang

sahamnya 100% milik Pemerintah. Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan

pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar.

 

Dengan dukungan Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, PNM dikelola dengan prinsip-prinsip profesionalisme, transparansi, dan good corporate governance siap

melangkah memasuki era Indonesia Baru, menuju masyarakat Madani yang dicita-citakan.

 

Download PNMagz