Publikasi

Rayakan HUT RI ke- 71, PNM dan Pertamina Bakti Sosial Di Manokwari

18 August 2016 726 views

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Permodalan Nasional Madani (persero ) atau PNM dan  PT Pertamina menggelar upacara bersama di Terminal Bahan Bakar Minyak Manokwari, Papua Barat. Kegiatan ini diikuti juga oleh masyarakat setempat dan para veteran perang kemerdekaan Republik Indonesia.

Direktur Utama PNM, Parman Nataatmadja yang  turut hadir hadir menyampaikan,  ingatan  RI “71 Indonesia  kalin ini mengusung tema  “Kerja Nyata”  hal ini selaras dengan kinerja perusahaan yang sejak bediri pada tahun 1999 hingga kini terus berjuang dan bekerja nyata untuk menciptakan masyarakat madani melalui pemberdayaan di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

“Di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 ini PNM sebagai BUMN yang memiliki tugas dalam memberdayakan sekaligus mengembangkan pelaku UMK di Indonesia semakin terpacu dalam mewujudkan kesehjateraan masyarakat. Kedepannya kami akan terus melakukan hal ini hingga Nawacita Ekonomi Kerakyatan yang digelorakan oleh Presiden Joko Widodo terwujud dan terciptalah masyarakat Indonesia yang sejahtera dan madani,” ujarnya

Ia menambahkan, saat ini selain melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM di Indonesia, PNM melalui unit bisnis terbarunya yaitu Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) memberikan pembiayaan kepada kelompok ibu-ibu produktif yang hidup di bawah garis kemiskinan tanpa adanya agunan. Program Mekaar PNM dirancang khusus untuk menjalankan program Nawacita Ekonomi Kerakyatan Presiden Joko Widodo.

“Program ini kami khususkan untuk ibu-ibu yang bermukim di desa dan juga di kota yang hidup dibawah garis kemiskinan. Para ibu ini akan diberikan pembiayaan Rp2 juta  hinggaRp 5 juta  untuk membuka usaha tanpa adanya jaminan, dengan sistem tanggung renteng,” tambahnya Sebagai

Sebagai mana diketahui, Kementerian BUMN kembali menggelar program BUMN Hadir Untuk Negeri sebagai wujud komitmen Kementerian BUMN dan 118 BUMN untuk terus hadir di tengah masyarakat. Pada tahun ini rangkaian acara tersebut meliputi Upacara Peringatan HUT RI di 34 Provinsi, penyediaan sarana air bersih, pasar murah sembako, siswa mengenal nusantara, pembinaan mantan narapidana, hingga bedah rumah veteran.

Pertamina dan PNM selaku koordinator dan wakil koordinator dalam kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di provinsi Papua Barat telah menggelar berbagai macam kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI ke 71. Pada hari Sabtu (13/8) bertempat di lapangan Borasi Pertamina & PNM menyelenggarakan pesta rakyat, lomba khas Agustusan, hingga penyerahan sejumlah bantuan kepada masyarakat Manokwari. Kemudian di hari Selasa (16/8) PNM dan Pertamina melakukan bakti sosial berupa bedah rumah veteran perang di kawasan Amban.