Publikasi

Fasilitas Hak Cipta oleh Kemkop dan UKM

08 June 2017 471 views

Sebanyak 2.550 UMKM telah difasilitasi Kementrian Koperasi dan UKM untuk mendapatkan hak cipta. Hak cipta ini diberikan kepada berbagai bidang dalam menjaga kelangsungan usahanya. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Ngurah Puspayoga di Jakarta, pada Selasa (6/6). Dukungan ini telah diberikan sejak tahun 2014 hingga sekarang. Pemerintah memfasilitasi hak cipta bagi pengusaha bidang pakaian dan batik, perhiasan dan aksesoris, kerajinan tangan, tas dan sepatu, juga songket dan tenun. Selain memfasilitasi hak cipta untuk produk, bidang lain seperti seni rupa, seni gambar, seni lukis, seni patung, seni motif, karya rekaman suara, dan komposisi musik.

Standarisasi dan sertifikasi produk merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk KUMKM untuk pasar dalam negeri maupun internasional. Sebab di masa akan datang, hak cipta dan hak merek akan menjadi aset berharga bagi UMKM dalam menjaga hasil karya dan membantu berinovasi di masa akan datang. Menteri Puspayoga melanjutkan bahwa pemerintah akan terus memberikan fasilitas hak cipta. Untuk mendaftarkan hak cipta, hasil karya harus di daftarkan selambat-lambatnya 11 hari menjadi lebih cepat disbanding sebelumnya tiga bulan paling lambat. Hal ini untuk mengakselerasi kepemilikan Hak Kekayaan Intelektual agar menghindari plagiat yang tidak diinginkan. Dengan kecanggihan teknologi, pendaftaran secara online lebih cepat diselesaikan dalam satu hari.

Saat ini produk KUMKM yang sedang diprioritaskan untuk kepemilikan HKI merupakan pengusaha dari pakaian dan batik, perhiasan dan aksesoris, kerajinan tangan, furniture, tas dan sepatu, serta songket dan tenun. Sementara, untuk hak merek produk UMKM yang diprioritaskan merupakan produk yang telah memiliki pasar potensial; sebagai perlindungan dari merek dagang akan produk yang diperjualbelikan.

Tentu usaha untuk memfasilitasi hak cipta dan mereka dagang sejalan dengan amanat UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM. Hal ini merupakan usaha pemerintah untuk meningkatkan promosi dagang produk UMKM baik dalam negeri dan luar negeri. Penerima dari fasilitas hak merek dan hak cipta telah tersebar di seluruh Indonesia.

___

sumber

Download PNMagz