Publikasi

Penerbitan Obligasi PNM di Semester II 2017

14 June 2017 442 views

Demi memenuhi modal untuk dapat diberdayakan, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sedang melakukan pencarian sumber dana melalui obligasi. Penawaran obligasi di semester I telah dilakukan sebesar Rp 1,5 triliun. Namun tidak sampai situ saja, PNM berencana akan menerbitkan lagi surat utang pada akhir tahun ini. Pada PUB II tahun 2017 PNM memiliki plafon obligasi sebesar Rp 4 triliun. Menurut Parman Natatmadja, rencananya PNM akan menerbitkan surat utang pada semester ke II senilai Rp 1 triliun.

 

Untuk sisa dana sebesar Rp 1,5 triliun, PNM baru akan menerbitkan pada tahun depan. Hal ini sedang disesuaikan dengan waktu kebutuhan dana PNM ke depannya. Disaat yang sama, PNM pun berencana untuk menerbitkan reksadana penyertaan terbatas (RDPT) sekitar Rp 800 miliar hingga Rp 1 triliun. PNM pun memprediksi akan kebutuhan pendanaan sebesar Rp 7 triliun sepanjang tahun ini. Selain mencari sumber dana dari pasar modal, pencarian dana ini akan dilakukan melalui pinjaman perbankan dan modal internal.

Sampai akhir tahun 2017, Parman menyatakan bahwa PNM sedang mengincar penyaluran dana di angka Rp 7,3 triliun. Dimana nilai ini naik dari tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 5,4 triliun.

___

Sumber