Publikasi

PNM Menciptakan Merek Konveksi dari Pekalongan

30 August 2017 398 views

PT Permodalan Nasional Madani menutup salah satu klasterisasi konveksi cabang Tegal wilayah Kabupaten Pekalongan yang dalam naungan Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM). Klasterisasi tela menghasilkan konveksi siap jual.

Arief Mulyadi selaku Direktur Perencanaan dan Pengembangan Usaha PNM menyatakan bahwa melalui salah satu program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) sering diadakan pembinaan klaster berdasarkan kesamaan produk atau kedekatan geografis. 

Wilayah Pekalongan memiliki kesamaan produk dalam konveksi yang sedang dikembangkan melalui pelatihan yang diberikan PNM kepada para nasabah.

Arief menjelaskan juga meskipun menyelenggarakan penutupan klasteriasi, sebenarnya program ini lebih tepat disebut pengembangan kapasitas usaha.Disebut pengembangan kapasitas sebab usaha yang dilakukan PNM berada di jenjang sebenarnya. 


Klasterisasi konveksi rumahan nasabah ULaMM Kedungwuni dan Kajen di Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu cara dalam menembus pasar tepat bagi konveksi.

Klasterisasi ini diikuti oleh 35 nasabah dengan produk mitra dagang masing-masing serta memutuskan merek produk yang menjadi fokus di tahapan berikutnya. Ke depannya, pelatihan-pelatihan yang disiapkan akan berguna dalam meningkatkan usaha yaitu memperluas jaringan pasar.

Program ULaMM kami telah ditutup karena nasabah dalam program ini telah mencapai target yaitu sebanyak 500 orang. Penutupan ini tidak membuat PNM menjadi lepas tangan dalam proses dan perkembangan usaha para nasabah. 

Rencananya, PNM akan melakukan program untuk mendukung penjualan termasuk perihal paten mereka serta bekerja sama dengan BUMN lain dalam melakuan pemesanan produk pengusaha klater ULaMM Pekalongan.

PNM berharap para pengusaha ULaMM mampu menciptakan  merek usaha sendiri, sehingga merek mereka akan memiliki nilai jual yang meningat disertai kualitas jual yang lebiih baik.


Saat ini PNM cabang Tegal telah memiliki 15 unit ULaMM yang tersebar di wilayah Tegal, Brebes, Pemalang, Pekalongan,Batang dan telah melayani 1459 nasabah. Sebagai Badan Usaha Milik Negara yang berfokus pada ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pemdampingan, dan jasa manajemen usaha ultra mikro, mikro, kecil, dan menengah (UMKM)

ULaMM atau disebut Unit Layanan Modal Mikro merupakan salah satu program unggulan milik PNM. Secara khusus, program ini memberikan pendanaan usaha kepada pelaku usaha (UMKM)  yang disertai dengan program Pengembangan Kapasias Usaha (PKU).

Program PKU sendiri memberikan pelatihan, pendampingan, serta jasa manajemen kepada nasabah ULaMM. Tentu saja program ini disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah sehingga fleksibelitas program ini menjadi keunggulan PNM terhadap lembaga pembiayaan lainnya. 

__

Sumber

Download PNMagz