Publikasi

Penyaluran Biaya Per Juli 2017 telah Mencapai 5,9 Triliun

14 September 2017 258 views

Anggaran biaya telah direalisasikan dengan memberikan pembiayaan sebanya Rp 5,9 triliun per Juli 2017. Nilai ini sudah mencapai target sebesar 72,84% dari target tahun ini yaitu pembiayaan sebesar Rp 8,1 triliun.

Parman Nataatmadja selaku Direktur Utama PNM Nataatmadja menyatakan pembiayaan dana kepada nasabah tersebar masih pada program bisnis Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yakni sebesar Rp 4,2 triliun. Sementara pembiayaan produk Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) sebesar Rp 1,55 triliun, sisanya pembiayaan lain.

Parman menambahkan pada Jumat (8/9) bahwa pembiayaan terbesar memang di alokasikan pada program Mekaar. Untuk ULaMM, PNM fokus untuk mengubah mindset selaku pelaku usaha kecil menengah (UKM) dengan pelatihan, sehingga antar nasabah bisa juga saling berbagi pengalaman juga.

Nasabah Mekaar telah tumbuh signifikan dari posisi Desember 2016 hanya sebesar 430.000 nasabah dan saat ini telah mencapai 1,3 juta nasabah. Harapannya akhir tahun ini Mekaar dapat mencapai target sebanyak 2 juta nasabah.

Sebagai informasi program Mekaar merupakan sebuah program pembiayaan dengan sasaran kalangan perempuan pra sejahtera dengan nilai plafon pinjaman Rp 2 juta. Setelah diberi pinjaman, nasabah dibina yang kemudian diwajibkan untuk produktif dalam 25 minggu.

Pada program lain, ULaMM telah mencapai 72.000 nasabah dan sampai akhir tahun diperkirakan nilai pembiayaan dapat mencapai 5 triliun, dari nilai total keseluruhan pembiayaan PNM. Parman memaparkan bahwa strategi bisnis di kembangkan seiring integrasi dengan teknologi yang terus maju, agar kegiatan ini dapat terdigitalisasi dan PNM sedang menuju kesana.

Di sisi pendanaan pada sekarang ini, sebanya 60% di dapat dari capital market dan sisanya dari perbankan serta pemerintah. Tahun ini, pemerintah mengeluarkan dana sebesar Rp 400 miliar kepada PNM. Akhirnya, PNM dapat meluncurkkan obligasi lain sebesar 1 triliun.

___

Sumber

Download PNMagz