Publikasi

UMKM akan Ada di Tujuh Rest Area Jalan Tol Baru

19 September 2017 122 views

 di Dalam waktu dekat, tujuh rest area tol Indonesia akan kedatangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pihak BPJT membuka lokasi untuk para UMKM untuk berjualan disana. Pemberian tempat ini akan diberikan sesuai  porsi yang ditentukan.

Tujuh ruas tol tersebut adalah Kanci-Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang-Semarang, Semarang-Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono-Mojokerto-Surabaya, Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dan Pekanbaru-Dumai.

Herry Trisaputra Zuna selaku Kepala BPJT mengatakan, pihak mereka sedang membahas bagaimana prosedur UMKM dapat terlibat dalam perdaganan rest area di ruas tol baru (yang akan dibangun) tersebut.

Dalam keterangan resmi (18/9/2017), Tim BPJT memang sedang membahas bagaimana UMKM dapat terlibat dalam rest area di ruas tol baru. Para UMKM akan di fasilitasi sesuai dengan karakteristik di masing-masing rest area.

Selain itu, Pemerintah daerah terkait juga didorong untuk terlibat dalam pembahasan prosedur bagaimana rest area menjadi destinasi wisata baru disertai kolaborasi dengan UMKM. Harapannya, rest area ini mampu menjadi destinasi wisata seperti yang terjadi di daerah Kota Cirebon.

Herry mengungkapkan, bahwa rest area di kota Cirebon berhasil hidup bahkan menjadi destinasi wisata. Alhasil, banyak pengguna tol yang mampir ke rest area tersebut.

Rencananya, pengelolaan rest area akan dikembangkan melalui dua skema model bisnis. Skema pertama adalah BUJT langsung mengelola melalui koperasi Tempat Istirahat (TI)/ Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP). Skema kedua adalah BUJT bekerja sama dengan perusahaan swasta untuk mengelola TI/TIP denga sistem bagi hasil.

Skema kedua adalah TIP digabung dengan fasilitas lain. Jadi TI di tambah dengan SPBU, restoran, mini market, dan ATM. Pada tujuh rest area tersebut, kapasitas parkir akan ditingkatkan untuk menampung 80 kendaraan golongan I dan 20 kendaraan golongan II.

Meski disaat yang sama harus mempersiapkan fasilitas bagi UMKM, namun BUJT diharapkan untuk terus meningkatkan pelayanannya termasuk kelengkaan fasilitas, kebersihan, dan kenyamanan tempat istirahat atau rest area jalan tol.


Disadur dari Detik Finance
Download PNMagz