Publikasi

Dukungan Dalam Melestarikan Budaya Tegal

06 October 2017 92 views

Agus Muharam selaku Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM(Kemenkop UKM) melakukan kunjungan ke produsen Agus Muharam, Batik Tulis kombinasi H Shodiq, di Kecamatan Wonopringgo,Kabupaten Pekalongan, Rabu (4/10).

Menurutnya, sebagai BUMN, Permodalan Nasional Madani sebagai BUMN wajib mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah  (UMKM) utama dalam pelestarian budaya dan potensi lokal. Melalui program-program yang telah ada, PNM diharapkan dapat membantu permodalan dan kelangsungan UMKM.

Agus menerangkan, bahwa para perajin dan produsen memiliki semangat yang tinggi. Semangat tersebut dapat menjadi budaya yang diturunkan turun-temurun, sehingga mampu melestarikan budaya dan potensi lokal Indonesia. Kerjasama dengan PNM secara tidak langsung mendorong mereka untuk melestarikan budaya.

Beliau menambahkan bahwa dirinya terkesan dengan tanggung jawab UMKM dalam bekerja sama dengan PNM. Walaupun Cuma usaha kecil, mereka tekun dan gigih untuk mengembalikan modal dan usaha yang mereka pinjam. Perilaku tersebut menjadi contoh bagi pelaku usaha lainnya.

Harapan ke depannya, PNM tidak hanya menfasilitasi dalam permodalan dan pembinaan. Lebih lagi, mampu membangun branding sebagai upaya untuk mempromosikan produk nasabah; salah satunya adalah pameran produk. Agar UMKM dapat maju ke kelas yang makin tinggi, dari tingkat menengah ke kelas tinggi.

Dalam kunjugannya, Bapak yang menjabat sebagai Komisaris PNM Pusat melihat aktivitas para pekerja di rumah produksi Batik Tulis dan kombinasi ini. Dipamerkan hasil produksi mitra Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM). Contohnya adalah produ Sarung Goyor Pak Dauri Pemalang, Olahan Nanas Ibu Jariyah Pemalang, Produk konveksi Bapak Suhada, dan Sajadah Batik Produksi Ibu Jazilah.

Sementara Haryono selaku  pemimpin cabang PNM Tegal menjelaskan bahwa sudah terdapat ribuan nasabah yang bernaung di PNM. Nasabah Tegal ini terdiri dari kota Brebes hingga Batang. Para pegawai PNM pun terdiri dari orang-orang lokal. Jadi, selain membantu permodalan UMKM, PNM sendiri menjadi lapangan kerja bagi masyarakat.

Pak Haryo bersyukur bahwa nasabah PNM Tegal banyak dan tersebar dari Brebes hingga Batang. Pemberdayaan pekerja PNM sudah baik, sebab merangkul masyarakat sekitar. Sehingga terjalin komunikasi dan silaturahmi antara PNM dan masyarakat.

__

Sumber

Download PNMagz