Publikasi

BUMN dan PNM Terus Mendorong Para Ibu untuk Usaha

20 October 2017 483 views

Rini Soemarno sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih terus mendorong para ibu rumah tangga untuk mendapat modal usaha dari bank. Sebab, hingga saat ini masih ada ibu rumah tangga yang belum memiliki akses ke bank untuk modal.

Melihat hal tersebut, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) memberi modal awal kepada para ibu rumah tangga melalui program Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar). Setiap ibu mendapatkan modal dari PNM sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 300 juta.

Rini menjelaskan pada 14 Oktober 2017 lalu di Sumatra Utara, bahwa Program Mekaar secara khusus dicanangkan untuk para ibu . Para ibu di bentuk secara kelompok. Kelompok ini diberikan pembinaan intensif (setiap minggu)

Pemberian modal PNM disalurkan melalui kelompok yang dibentuk secara mandiri. Untuk pertanggung jawabannya, PNM bekerja sama dengan masyarakat sekitar sebagai account officer (AO). AO ini memiliki tanggung jawab untuk mengawasi penggunaan modal usaha.

AO sendiri dilatih oleh PNM selama enam bulan. Setelah itu, para AO diberi tanggung jawab ke daerah asal untuk membina ibu-ibu rumah tangga yang ingin merintis usaha demi peningkatan ekonomi keluarga.


Sumber

Download PNMagz