Publikasi

Sri Mulyani Menghimbau UMKM untuk Memanfaatkan Teknologi dalam Usaha Mereka

27 October 2017 433 views

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tentang perekonomian Indonesia, bahwa ekonomi digital harus dapat menciptakan demokratisasi. Beliau meminta agar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan teknologi untuk berkembang.

Saat bertemu di kantor, Sri Mulyani mengatakan bahwa UMKM tidak harus menjadi seperti perusahaan besar yang memiliki marketing cost besar. Usaha seperti itu dapat masuk ke dalam platform dan memiliki kesempatan usaha yang sama seperti perusahaan besar.

Menurut Sri Mulyani, keberadaan teknologi diharapkan memudahkan pengusaha untuk bertransaksi dengan pembeli. Harapannya melalui cara tersebut, membantu untuk mendorong pendapatan dan produksi.Oleh sebab itu, pemerintah melakukan banyak kebijakan untuk memberdayakan UMKM. Salah satunya adalah kredit usaha rakyat (KUR). Teknologi dan KUR bila dimanfaatkan dengan baik akan menjadi fasilitas bagus dalam mengembangkan usaha. Dua hal tersebut juga membantu usaha untuk bertahan dalam persaingan tinggi usaha saat ini.

Pemerintah sendiri memiliki fungsi untuk mendorong usahawan agar mereka berkapasitas dalam era digitalisasi. Bila usaha mereka dapat bersaing dalam era digital juga, usaha mereka tidak akan tertinggal.

Menurutnya , ekonomi yang sehat dan baik merupakan ekonomi yang memiliki daya tumbuh tinggi, inklusif, serta banyak partisipasi oleh masyarakat. Hal ini akan menimbulkan kesejahteraan yang dapat dinikmati semua orang. Dimana tujuan ini sesuaii dengan sila ke -5 Indonesia; keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


Sumber dari Merdeka

Download PNMagz