Publikasi
Dirut PNM Arief Mulyadi: Pandemi Covid-19 Jadi Ujian Sekaligus Berkah
09/09/2021

Direktur Utama (Dirut) PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM Arief Mulyadi mengatakan pandemi Covid-19 merupakan ujian sekaligus berkah bagi semua pihak. Sebab dengan adanya pandemi, banyak pembelajaran dan percepatan yang dilakukan untuk bisa bertahan dan tumbuh.

Pandemi ujian sekaligus berkah buats emua karena banyak pembelajaran dan percepatan-percepatan yang dilakukan untuk bisa survive bahkan ada yang tumbuh,” kata Arief dalam acara CEO Talks: Ketahanan Usaha Para Pelaku Usaha Subsisten di Tengah Pandemi, Rabu (8/9/2021).

Lebih lanjut, Dirut PT PNM menjelaskan, bahwa krisis saat ini sangat berbeda dengan krisis tahun 1998. Dampak krisis 1998 lebih besar pada sektor formal, sedangkan sektor semi formal dan informal seperti UMKM sama sekali tidak terdampak.

“Di tahun 1998 yang terdampak krisis lebih besar terjadi pada sektor formal. Untuk sektor semi formal dan informal termasuk pelaku usaha mikro kecil menengah kalau dalam bahasa kami yang the bottom para pelaku usaha subsistens itu tidak terdampak,” ujarnya.

Namun berbeda dengan krisis pandemi, yang paling terdampak utama justru para pelaku UMKM. Karena pandemi yang tidak pasti dan keterbatasan-keterbatasan membuat mereka kesulitan. Kendati begitu, berkat bantuan pembiayaan dari PNM sebagian dari mereka mampu bertahan dan bahkan ada yang tumbuh.

Dia menyebut mayoritas yang dilayani PNM di masa pandemi covid-19 terkait pembiayaan adalah para pelaku UMKM. Banyak dari mereka yang menjalankan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari sehingga mereka membutuhkan pembiayaan agar bisa bertahan.

“Mayoritas yang kami layani, yang kami dampingi dan yang kami berikan pembiayaan adalah para pelaku usaha ultra mikro yang kalau dalam bahasa kami di keluarga besar PNM pelaku usaha subsisten, Kenapa subsisten? karena mereka melakukan usaha untuk memenuhi kebutuhan utamanya, buat makan buat hidup,” jelasnya.

Hingga kini tercatat ada 10,8 juta pelaku usaha ultra mikro yang mendapatkan bantuan pembiayaan, dan pendampingan dari PNM. Menurutnya, selain memberikan pembiayaan, PNM juga mendorong agar pelaku ultra mikro tersebut untuk tumbuh.

“Saat ini PNM layani, dampingi dan insya Allah juga berdayakan, yang cara ekosistem sudah cukup besar yang total ada sekitar 10,8 juta pelaku usaha Ultra mikro, dan mikro serta sebagian pelaku usaha kecil dan menengah beberapa pelaku usaha yang sudah meningkat ke usaha menengah,” pungkasnya.

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4652989/dirut-pnm-arief-mulyadi-pandemi-covid-19-jadi-ujian-sekaligus-berkah

Berita Terpopuler

PNM Telah Salurkan Bantuan Presiden k...
09/10/2020
Selengkapnya
Banpres Tak Kunjung Sampai ke Penerim...
09/10/2020
Selengkapnya
PNM Resmi Menanggalkan Status Perseroan
03/11/2021
Selengkapnya