Publikasi
Menikmati Rasa Kopi Kayumas, Dari Desa untuk Dunia
06/08/2021

Menikmati secangkir kopi di kedai kopi menjadi gaya hidup masyarakat sekarang ini. Menjamurnya kedai kopi adalah salah satu kesempatan untuk mempopulerkan kopi asli Indonesia.

Didik Suryadi, salah satu pegiat kopi Situbondo, yang juga adalah salah satu nasabah PNM, memanfaatkan kesempatan ini. Melalui usaha kopi miliknya, Kopi Kayumas, Didik menembus pasar internasional.

Didik adalah salah satu nasabah PNM sejak tahun 2008. Didik mengaku pembuatan kopinya dilakukan dari hulu ke hilir.

“Baik dari budidayanya, pasca panen, industri sampai kedai kopinya. Kopi yang kami kelola adalah kopi arabika dan robusta. Kopi yang kami tanam ini sudah teredukasi; dari prosesnya, sisi industrinya sampai ke proses sertifikasi seperti sertifikasi halal, organik dan BPOMnya.” jelas Didik.

Didik yang juga Ketua Kelompok Tani Sejahtera mengatakan, tahun ini warung kopi Kayumas akan menjadi satu-satunya petani kopi yang mewakili Provinsi Jawa Timur mengikuti pameran Sinovik di Kalimantan sejak 18-21 September 2019.

Tak hanya pernah jadi juara pertama kopi tingkat nasional, kopi luwak Kayumas pernah menjadi juara di tingkat dunia.

“Kopi Arabika Kayumas menjadi juara pertama nasional tahun 2010, kopi luwak Kayumas jadi juara dunia 2016 dan kopi robusta kayumas juara pertama nasional 2017. Kopi Kayumas juga pernah mengikuti Ajang Archipelago Exhibition (Archex) sebagai salah satu produk unggulan Indonesia di Malaysia 2018. Dan sejak tahun lalu, kopi Kayumas mulai diekspor ke Swiss dalam skala UMKM.” ungkap Didik.

Sumber: https://indonews.id/mobile/artikel/319476/Menikmati-Rasa-Kopi-Kayumas-Dari-Desa-untuk-Dunia/

Berita Terpopuler

PNM Telah Salurkan Bantuan Presiden k...
09/10/2020
Selengkapnya
Banpres Tak Kunjung Sampai ke Penerim...
09/10/2020
Selengkapnya
PNM Resmi Menanggalkan Status Perseroan
03/11/2021
Selengkapnya