Kebijakan Privasi

(Diperbaharui per tanggal 28 November 2024)

Kebijakan Privasi Umum untuk Layanan PNM

PT Permodalan Nasional Madani ("PNM", "Perusahaan", atau "kami") sepenuhnya menyadari bahwa data pribadi merupakan aset terpenting bagi Anda, sehingga PNM sangat menghargai kerahasiaan dan pelindungan terhadap Data Pribadi Anda terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa PNM. Kami percaya pada transparansi dan kami berkomitmen untuk bersikap terbuka tentang Kebijakan Privasi kami, termasuk bagaimana kami memperlakukan informasi pribadi Anda. Dengan membaca Kebijakan Privasi ini, Anda selalu dapat membuat keputusan terbaik tentang informasi pribadi yang Anda bagikan kepada kami.

Keamanan, kenyamanan, serta privasi Anda merupakan prioritas bagi PNM. PNM menerapkan kebijakan dan praktik terbaik yang bertujuan untuk menjaga dan memelihara privasi serta keamanan data pribadi Anda, sesuai undang-undang Pelindungan Data Pribadi, untuk pemrosesan data terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa PNM.

PNM selalu meningkatkan layanan kepada Anda dan senantiasa melakukan pembaruan layanan demi melindungi privasi dan keamanan Data Pribadi Anda sebagai Konsumen kami.

I.Tujuan dan Ruang Lingkup Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi ini mengatur mengenai kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik yang diterapkan oleh PNM dalam memperoleh, memperbaiki, memperbarui, menyebarluaskan, menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, mengungkapkan, menghapuskan dan memusnahkan (untuk selanjutnya disebut "Pemrosesan") data pribadi Anda sehubungan dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa PNM, meliputi:

  1. Produk Pembiayaan PNM Mekaar dan ULaMM serta produk-produk lainnya yang dikembangkan oleh PNM di kemudian hari untuk Anda.
  2. Situs web, fitur, aplikasi, media sosial, atau bentuk media komunikasi lainnya yang disediakan atau digunakan oleh PNM.
  3. Saluran layanan pengaduan Konsumen.
  4. Sistem Penanganan Pengaduan Dugaan Pelanggaran (whistle blowing system)

(seluruhnya kemudian disebut "Layanan")

Selanjutnya, Kebijakan Privasi ini berlaku untuk semua Subjek Data Pribadi yang terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa PNM.

(seluruhnya kemudian disebut "Anda")

 

II.Tujuan Pemrosesan Data Pribadi

Dalam melakukan Pemrosesan data pribadi Anda, PNM memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Pengembangan produk dan/atau layanan jasa pada Holding Ultra Mikro dan PNM Group;
  2. Penawaran, pemasaran dan/atau penyampaian informasi terkait produk dan/atau layanan jasa pada Holding Ultra Mikro;
  3. Pertukaran data dan/atau informasi atas Data Pribadi bagi kepentingan Holding Ultra Mikro;
  4. Untuk menjalankan prinsip Know Your Customer (KYC) dan memberikan personalisasi kepada Anda terhadap penggunaan Layanan yang disediakan oleh PNM;
  5. Untuk kebutuhan pemrosesan Data Pribadi guna menghasilkan data profil Anda;
  6. Untuk menawarkan iklan/promosi maupun penawaran dari pihak lain yang bekerja sama dengan PNM;
  7. Untuk menyelesaikan masalah terkait akses pada Layanan yang disediakan oleh PNM;
  8. Menjalankan mandat sebagaimana diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan; dan
  9. Kepentingan lain sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

III. Data Pribadi yang Diperoleh dan Dikumpulkan oleh PNM

PNM memperoleh dan mengumpulkan informasi yang mengidentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun  tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik yang terkait dengan informasi tersebut yang dalam hal ini terbatas pada Layanan ("Data Pribadi").

Data Pribadi Anda yang dikumpulkan oleh PNM dapat diberikan oleh Anda secara langsung maupun dari pihak ketiga (seperti misalnya pada layanan Senyum (Sentra Layanan Ultra Mikro)). PNM akan mengumpulkan Data Pribadi Anda dalam berbagai bentuk dengan tujuan, termasuk yang diperkenankan oleh peraturan perundang-udangan yang berlaku.

  1. Data Pribadi Anda yang dikumpulkan dalam penyelenggaraan Layanan ini adalah:
    1. Data Umum:
      1. Nama lengkap;
      2. Alamat tempat tinggal;
      3. Tempat dan tanggal lahir;
      4. Jenis kelamin;
      5. Kewarganegaraan;
      6. Nama gadis ibu kandung;
      7. Nama ayah;
      8. Nama anggota keluarga lain;
      9. Nama suami/istri;
      10. Agama;
      11. Status perkawinan;
      12. Pekerjaan;
      13. Pendidikan;
      14. Nomor induk kependudukan;
      15. Nomor kartu keluarga;
      16. Nomor handphone;
      17. Alamat email;
      18. Nomor telepon kantor/rumah; dan/atau
      19. Data Pribadi yang dikombinasikan untuk mengidentifikasi seseorang, antara lain nomor telepon seluler, nomor identitas, alamat, tanggal lahir dan/atau umur, IP address, dan lain-lain sesuai perkembangan teknologi
    2. Data Khusus:
      1. Data biometrik yang memungkinkan identifikasi unik terhadap individu namun tidak terbatas pada gambar wajah, sidik jari, rekaman pembicaraan, rekam iris mata, dan lain-lain;
      2. Data keuangan pribadi namun tidak terbatas seperti Penghasilan dan Nomor Wajib Pajak; dan/atau
      3. Data lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Selain itu, sepanjang informasi lain, termasuk profil pribadi dan/atau tanda pengenal, yang terasosiasi atau tergabung dalam Data Pribadi, maka informasi tersebut juga merupakan Data Pribadi. Anda memiliki pilihan untuk memberikan Data Pribadi tambahan kepada PNM untuk kebutuhan personalisasi akun di luar yang telah disebutkan di atas.
  3. Pengumpulan Data Pribadi Anak dibawah Umur dan Penyandang Disabilitas wajib mendapatkan persetujuan sesuai dengan Kebijakan yang berlaku di PNM.
  4. Data penelusuran atas informasi yang dikumpulkan ketika Anda menggunakan Layanan yang diberikan oleh PNM. Informasi yang berkenaan dengan Data Pribadi Anda termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Data pencarian, riwayat penelusuran (termasuk tanggal dan waktu yang terekam);
    2. Keterkaitan atau preferensi Anda yang dikumpulkan dari penggunaan Layanan;
    3. Foto, suara, kontak, daftar panggilan ataupun interaksi lainnya dalam Layanan yang diizinkan oleh Anda untuk diakses melalui perangkat yang Anda miliki. PNM tidak pernah memindai atau mengambil foto-foto pada album dan/atau kamera dalam perangkat Anda tanpa izin Anda.
  5. Data Pribadi yang dibuat dan didapatkan dari hasil penggunaan layanan milik PNM, termasuk namun tidak terbatas pada:

    1. Data olahan teknis, seperti mobile positioning, penilaian lokasi dan profiling lanjutan;
    2. Informasi tentang Data yang diperoleh dari aktivitas pemakaian layanan PNM yang Anda akses, seperti pembayaran tagihan maupun pemrofilan dan segmentasi Anda; dan
    3. Informasi tentang Data yang diambil baik secara langsung maupun tidak langsung oleh aplikasi PNM yang Anda gunakan dan/atau pasang/install pada perangkat yang Anda miliki.
  6.  Data Pribadi dari PNM Group dan/atau pihak ketiga lainnya yang bermitra dengan PNM atau mengadakan kerja sama dengan PNM sebagai Induk Perusahaan PNM Group.

 

IV. Penampilan, Pengumuman, Pengalihan, Penyebarluasan dan Pengungkapan Data Pribadi

PNM tidak akan menjual, menukar, menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, menyebarluaskan dan/atau mengungkapkan Data Pribadi dan informasi apapun yang berkaitan dengan nasabah, pengunjung, atau penggunaan Layanan PNM. Penampilan, pengumuman, pengalihan, penyebarluasan atau pengungkapan dilakukan dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. sesuai dengan persetujuan Subjek Data Pribadi yang dinyatakan dalam bentuk tertulis atau dokumen elektronik;
  2. sesuai dengan tujuan pemerolehan dan pengumpulan Data Pribadi;
  3. wajib menetapkan perjanjian, kontrak tertulis atau dokumen hukum lain yang telah disetujui oleh para pihak; dan
  4. wajib menetapkan kontrol keamanan.

Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail Data Pribadi Anda dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Layanan PNM.

Nasabah dengan ini mengakui dan jika diwajibkan oleh peraturan Pelindungan Data Pribadi yang berlaku, secara tegas menyetujui bahwa Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan oleh PNM bersama dengan informasi terkait transaksi yang relevan, dapat diungkapkan kepada lembaga pemerintah yang berwenang, ataupun pihak lain yang berwenang berdasarkan undang-undang atau perjanjian kerja sama, dalam hal:

  1. Untuk kepentingan hukum yang berlaku dan/atau untuk menanggapi proses hukum yang sedang berjalan;
  2. Untuk melindungi keselamatan PNM, keselamatan Anda atau keselamatan orang lain atau demi kepentingan yang sah dalam konteks: 
    1. Kepentingan pertahanan dan keamanan;
    2. Kepentingan proses penegakan hukum;
    3. Kepentingan umum dalam rangka penyelenggaraan negara;
    4. Kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan nonbank;
    5. Keadaan darurat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah;
    6. Kepentingan statistik dan penelitian ilmiah;
    7. Untuk kepentingan audit internal dan/atau digital forensic atas tindak pidana atau pelanggaran peraturan atau kebijakan di lingkungan PNM;
    8. Jika diperlukan sehubungan dengan proses hukum yang diajukan terhadap PNM, pejabat, karyawan, atau vendor terkait; dan
    9. Kepentingan lain yang dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk melakukan pengungkapan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga, dalam rangka untuk memastikan PNM dapat memberikan Layanan kepada Anda dan membantu Pemerintah Negara Indonesia beserta institusi pendukungnya untuk pelaksanaan fungsi-fungsi Negara. Pengungkapan ini dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek pengamanannya sehingga memastikan dalam proses pengungkapan tidak ada data-data yang disalahgunakan.

Dalam rangka Pemrosesan Data Pribadi dengan pihak ketiga:

  1. PNM hanya akan memberikannya dengan itikad baik dalam bentuk ringkasan atas dasar kepentingan yang sah di mata hukum. Dalam hal PNM melakukan Pemrosesan Data Pribadi yang membuka profil pribadi Anda, PNM akan melakukan upaya terbaik untuk melindungi privasi atas Data Pribadi Anda, yang dilaksanakan setelah dilakukannya penandatanganan perjanjian kerahasiaan, atau persetujuan tambahan dengan cara memberikan pemberitahuan kepada Anda sebelum Data Pribadi Anda diungkapkan kepada pihak ketiga serta tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tetap dapat memastikan kerahasiaan Data Pribadi Anda;
  2. PNM memastikan dapat memberikan Layanan kepada Konsumen dan membantu Pemerintah Negara Republik Indonesia beserta institusi pendukungnya untuk pelaksanaan fungsi-fungsi Negara; dan
  3. Pengungkapan ini dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek pengamanannya sehingga memastikan dalam proses pengungkapan tidak ada data-data yang disalahgunakan.

 

V. Penyimpanan Data Pribadi

PNM berkomitmen untuk menyimpan Data Pribadi Anda dengan perlindungan terbaik selama diperlukan untuk menyediakan Layanan ini. Sebagian Data Pribadi Anda dapat pula dikelola, diproses dan disimpan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan PNM baik di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Republik Indonesia guna menjaga kinerja Layanan dengan tetap mematuhi kewajiban atas akses dan efektivitas pengawasan sesuai hukum yang berlaku.

PNM akan menyimpan Data Pribadi sebagaimana disebutkan di atas sepanjang hal tersebut dibutuhkan untuk mencapai tujuan mengapa Data Pribadi tersebut dikumpulkan, ketika Anda masih menggunakan Layanan, atau sepanjang penyimpanan tersebut diharuskan atau diperkenankan sesuai dengan kebijakan retensi data milik PNM serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

PNM dapat melakukan transfer Data Pribadi kepada:

  1. Entitas yang tergabung dalam Holding Ultra Mikro sesuai dengan tujuan pemrosesan data pribadi pada nomor II poin a atau tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan;
  2. Kepada pihak lain dalam wilayah hukum Negara Republik Indonesia sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Pihak lain di luar wilayah hukum Negara Republik Indonesia yang memiliki tingkat Pelindungan Data Pribadi yang setara atau lebih tinggi dari ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;

PNM akan berhenti untuk menyimpan Data Pribadi Anda dan/atau menghapus cara-cara yang dengan mana Data Pribadi Anda dapat diasosiasikan dengan Anda, dalam hal:

  1. Tidak lagi diperlukan untuk pencapaian tujuan pemrosesan;
  2. Subjek Data Pribadi telah melakukan penarikan kembali persetujuan pemrosesan;
  3. Terdapat permintaan dari Subjek Data Pribadi;
  4. Data pribadi diperoleh dan/atau diproses dengan cara melawan hukum;

 

VI. Akses ke Data Pribadi Anda

PNM berkomitmen untuk memenuhi hak Anda untuk mengakses Data Pribadi Anda yang dikumpulkan dan diproses oleh PNM. Dalam memenuhi permintaan akses ke data pribadi Anda, PNM dapat menolak permintaan Anda apabila PNM menemukan bahwa permintaan ke Data Pribadi Anda memenuhi salah satu atau beberapa kondisi berikut ini:

  1. Membahayakan keamanan atau kesehatan fisik atau kesehatan mental Subjek Data Pribadi dan/atau orang lain;
  2. Berdampak pada pengungkapan data Pribadi milik orang lain; dan/atau
  3. Bertentangan dengan kepentingan pertahanan dan keamanan nasional.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan permintaan akses data pribadi Anda, Anda dapat menghubungi saluran komunikasi yang tersedia berdasarkan Kebijakan Privasi ini.

 

VII. Perbaikan dan Pembaruan Data Pribadi Anda

Dalam hal Anda menemukan kekeliruan yang ditampilkan mengenai Data Pribadi Anda dikarenakan ketidakakuratan atau diperlukan dilakukan pembaruan atas Data Pribadi Anda, maka Anda dapat meminta kepada PNM untuk memperbaiki, melengkapi, dan/atau memperbarui Data Pribadi Anda yang berada dalam pengelolaan PNM, dengan menghubungi saluran komunikasi yang tersedia berdasarkan Kebijakan Privasi ini.

Dalam hal terdapat ketidakakuratan dalam pemberian data pribadi dari Subjek Data Pribadi, PNM berhak menghentikan layanan dan/atau transaksi berdasarkan pengetahuan dan pertimbangan Perusahaan. Kami mengimbau Anda untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaruan Data Pribadi Anda dari waktu ke waktu.

 

VIII. Penghapusan dan Pemusnahan Data Pribadi

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kebijakan retensi data milik PNM atau atas permintaan/permohonan Anda, PNM dapat menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda dari sistem agar data tersebut tidak lagi mengidentifikasi Anda, dalam hal:

  1. Telah habis masa retensinya dan berketerangan dimusnahkan berdasarkan jadwal retensi arsip;
  2. Terdapat permintaan dari Subjek Data Pribadi;
  3. Tidak berkaitan dengan penyelesaian proses hukum suatu perkara;
  4. Data pribadi diperoleh dan/atau diproses dengan cara melawan hukum;
  5. Data pribadi yang dimusnahkan harus dicatat untuk kebutuhan audit atau perekaman audit;
  6. Pemusnahan Data Pribadi harus dipastikan tidak dapat ditampilkan dan tidak bisa dipulihkan kembali jika sudah melewati jangka waktu retensi.

Perihal keperluan pemusnahan Data pribadi Anda dari sistem (right to erase), diperlukan permohonan tertulis yang diajukan oleh Anda kepada Kantor Pusat PNM agar kami dapat memusnahkan Data Pribadi dalam sistem milik PNM.

 

IX. Pemberitahuan Pelanggaran dan Kegagalan Pelindungan Data Pribadi

Dalam hal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas kerahasiaan Informasi Pribadi Anda yang berada di luar kendali PNM, PNM akan segera memberitahukan kepada Anda pada kesempatan pertama sehingga Anda dapat mengurangi risiko yang timbul atas hal tersebut.

Pemberitahuan dalam hal kegagalan Pelindungan Data Pribadi dilakukan kepada otoritas hukum, Subjek Data Pribadi dan/atau masyarakat secara tertulis paling lambat 3 x 24 jam (tiga kali dua puluh empat jam) hari kerja. Pemberitahuan tertulis minimal memuat:

  1. data pribadi yang terungkap;
  2. kapan dan bagaimana Data Pribadi terungkap; dan
  3. upaya penanganan dan pemulihan atas terungkapnya Data Pribadi oleh PNM.

 

X. Pengakuan dan Persetujuan

Kebijakan Privasi ini dapat diubah dan/atau diperbarui dari waktu ke waktu. PNM menyarankan kepada Anda agar selalu membaca secara saksama dan memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun yang ditimbulkan olehnya.

Anda dapat menarik persetujuan Anda terhadap setiap atau seluruh pengumpulan, penggunaan, pengungkapan Data Pribadi Anda pada setiap waktu dengan memberikan pemberitahuan tertulis yang beralasan ke kontak yang tertera di bawah ini.

Bergantung pada keadaan dan sifat dari persetujuan yang Anda tarik, Anda harus memahami dan mengakui bahwa PNM berwenang untuk memenuhi atau tidak memenuhi permintaan penarikan persetujuan tersebut, maka Anda tidak lagi dapat menggunakan Layanan.

Penarikan persetujuan oleh Anda dapat berakibat pada penghentian akun Anda atau hubungan kontraktual Anda dengan PNM yang terkait, di mana semua hak dan kewajiban yang dimiliki masing-masing pihak masih sepenuhnya dilindungi.

 

XI. Pengaturan Layanan

Anda dapat memilih untuk tidak menerima layanan pemasaran, pengiklanan, atau aktivitas lainnya yang terkait dengan pengolahan Data Pribadi di atas dengan menghubungi PNM melalui detail kontak yang tersedia di bawah pemberitahuan ini atau melalui mekanisme lain yang disiapkan oleh masing-masing Layanan kami. Mohon diperhatikan, jika Anda memilih untuk tidak menerima satu Layanan, PNM masih berhak untuk mengirimi Anda pesan terkait layanan PNM, untuk Layanan lainnya yang Anda gunakan.

 

XIII. Hubungi Kami

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Kebijakan Privasi ini atau penyelesaian masalah terkait Pelindungan Data Pribadi, silakan hubungi saluran layanan pengaduan kami melalui informasi kontak berikut

  1. Call Center dengan nomor 1500-654
  2. Alamat email PNM di info@pnm.co.id atau pdp@pnm.co.id
  3. Akun resmi media social
  4. Surat yang ditujukan ke alamat Kantor PNM: Menara PNM Jalan Kuningan Mulia, Kuningan Center Lot 1, Karet, Setiabudi, Jakarta Selatan 12920.

 

XIV. Keamanan Data Pribadi

Kebijakan dan praktik yang dilakukan PT Permodalan Nasional Madani untuk menunjukkan komitmen PNM di dalam menjaga dan memelihara keamanan Anda pada saat Anda mengunjungi situs www.pnm.co.id.

Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga keamanan data pribadi Anda, PNM menerapkan langkah-langkah pengamanan berikut:

  1. Enkripsi Data: Semua data pribadi yang Anda berikan melalui situs dilindungi dengan teknologi enkripsi SSL (Secure Socket Layer) untuk mencegah akses tidak sah.
  2. Firewall dan Sistem Keamanan Jaringan: Infrastruktur sistem PNM dilengkapi dengan firewall yang mencegah akses ilegal ke jaringan internal perusahaan.
  3. Pengendalian Akses: Akses terhadap data pribadi Anda hanya diberikan kepada pihak-pihak yang berwenang sesuai kebutuhan pekerjaan dan dilengkapi dengan autentikasi ganda (two-factor authentication).
  4. Pemantauan dan Audit Keamanan: Sistem keamanan PNM dipantau secara berkala untuk mendeteksi potensi ancaman dan dilakukan audit rutin untuk memastikan kepatuhan terhadap standar keamanan.
  5. Pelatihan Pegawai: Semua pegawai yang terlibat dalam pengelolaan data pribadi mendapatkan pelatihan keamanan data untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab mereka terhadap perlindungan data pribadi.

Dengan langkah-langkah ini, PNM berkomitmen untuk melindungi data pribadi Anda dari akses tidak sah, kehilangan, penyalahgunaan, perubahan, atau pengungkapan yang tidak sesuai. 

 

XV.Situs PNM

Dalam hal Anda mengakses situs melalui tautan dari situs lain, pastikan kebenaran alamat yang Anda akses yaitu https://www.pnm.co.id.

PNM dapat mengubah kebijakan privasi ini setiap saat untuk tetap menyesuaikan dengan situasi dan teknologi terbaru. Anda selalu dapat meninjau informasi dan kebijakan privasi PNM yang terbaru di https://www.pnm.co.id.